Perabotan kayu Trembesi yang menjanjikan

Kualitas tinggi kayu jati sebagai bahan baku furnitur menjadikan Eko (43) pengrajin kayu dari desa Kalisari, kecamatan Cilongok, yang memproduksi kayu Trembesi (Samanea Saman) sebagai bahan baku untuk produk furnitur dan furnitur.

Melihat, kayu Trembesi memiliki estetika yang unik dan tinggi untuk dijadikan kursi, meja atau perabot lainnya. “Dari luar terlihat mudah, jadi terlihat klasik, tetapi secara fisik kuat seperti kayu jati,” kata Eko, Minggu (27.08).

Dia mengaku telah membuat furnitur dari kayu Trembesi selama lebih dari 10 tahun. Meski tidak semahal Jati, Eko harus berburu di daerah terpencil untuk menjebak gemetar ini, termasuk bahkan daerah wingit. Menurut pendapatnya, mitos orang-orang yang masih percaya bahwa pohon besar berusia seratus tahun “dihuni” membuat sulit untuk mendapatkan pohon Trembesi. Jika waktu tidak tepat, akan sulit mendapatkan kayu.

Karena prosedur ekstraksi, yang terkadang menyebabkan masalah, membuat kayu Trembesi lebih mahal. Untuk pohon dengan diameter lebih dari dua meter, nilai hingga Rp dapat ditentukan. 8-10 juta. Bahkan kemudian dapat menjadi lebih mahal jika lokasi pohon sulit dijangkau. Untuk menghasilkan berbagai kursi taman atau meja makan, Eko biasanya membutuhkan satu hingga dua minggu produksi dengan harga Rp5 juta hingga 15 juta.


Pangsa pasar mebel kayu Trembesi cukup menjanjikan. “Pembeli umumnya orang yang menyukai estetika dan keunikan, karena kayu ini memiliki karakter yang unik,” katanya.

Eko mengakui bahwa sebagian besar pembeli furnitur kayu Trembesi berasal dari kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Mereka biasanya membeli furnitur Trembesi untuk melengkapi keindahan taman rumah mereka dan sebagai pelengkap markas mereka sebagai restoran dengan bahan alami.

Karakteristik pohon Trembesi
Pohon Trembesi dapat tumbuh sangat baik dengan ketinggian 30-40 m, dengan keliling 4,5 m, dan mahkota pohon Trembesi dapat mencapai 40 m – 60 m. Ini memiliki bentuk batang yang tidak teratur yang kadang-kadang bengkok dan juga membengkak di batang. Samane Daun saman memiliki panjang batang 7-15 cm. Pohon Trembesi tua memiliki warna kecoklatan dengan permukaan kulit yang sangat kasar dan ringan untuk kulit yang bersisik.

Kayu Trembesi atau Samanea Saman dalam bahasa Latin, sering disebut Ki Hujan, adalah tanaman tinggi dan sangat tinggi dengan cabang-cabang sebagian besar teduh. Karena fungsinya, pohon ini juga sangat populer sebagai pohon bayangan. Pohon trembesi sering ditemukan di dekat jalan dan ladang.

Pohon ini tumbuh sangat cepat dengan daya serap air yang sangat tinggi. Kelemahannya adalah bahwa pohon ini mengembang dengan cepat ketika pohon berada di jalan raya, itu pasti akan merusak trotoar.

Pohon ini adalah tanaman asli Amerika tropis dan sekarang umum di semua iklim tropis. Dalam beberapa kasus, pohon ini juga dapat menghambat perkembangan pohon di sekitarnya.
kayu suar sangat cepat dan jumlah yang terlalu besar dapat mengganggu lingkungan, konstruksi kayu Trembesiu sebagai bahan untuk furnitur kayu solid Jepara sangat mungkin.

Dengan harga yang cukup terjangkau, peralatan bahan baku dari kayu Trembesi sangat laris karena memiliki urat kayu yang unik dan tua.

Kayu trembesi dapat digunakan sebagai bahan untuk produksi mebel Jepara, misalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *